Fungsi Bagian-bagian pada Microsoft Access
a. Table digunakan untuk menyimpan data
b. Query digunakan untuk memanipulasi data
c. Form digunakan untuk frontend aplikasi. Biasanya untuk menampilkan data, menambah data dll.
d. Report digunakan untuk membuat laporan
e. Macro digunakan untuk melakukan satu atau beberapa fungsi.
f. Switchboard digunakan untuk membuat menu utama
Table
Apa itu Table?
Table adalah tempat untuk menyimpan data. Contohnya data barang disimpan di table barang
Kenapa kita harus buat table ?
Karena kalau kita tidak buat table kita tidak dapat menyimpan data, Jika tidak ada data yang disimpan data tidak dapat diproses.
Langkah membuat Table
1. Pada jendela database klik Table.
2. klik dua kali create table in design view
3. pada jendela table ketikan field-field table beserta tipe datanya.
4. Pilih File �� Save.
5. tutup table untuk membuat table-table lainnya.
Query
Apa itu Query ?
Query adalah ‘permintaan data’ kita berupa bahasa bisnis, untuk
mengolah data dalam tabel(-tabel) menjadi satu informasi yang bisa
dimengerti. Seperti mengelompokkan sepuluh penjualan terbesar oleh
customer yang dimiliki. Ia bisa berdasarkan pada satu tabel saja, atau
pada dua/lebih tabel, ataupun berdasarkan pada query yang telah ada.
Manfaat Query :
Dengan Query kita dapat :
a. Menampilkan data-data tertentu pada suatu table, contohnya kita
hanya ingin melihat data pada table barang yang kode barangnya “B001”
b. Menampilkan data dari dua table atau lebih dengan syarat anatr
table itu ada field yang berhubungan. Contohnya kita ingin melihat Nomor
Faktur “F0001” itu siapa pemiliknya. Di sini kita mengambil data
dari table Header Penjualan dan Table Karyawan, Sebagai penghubungnya
adalah field NIK.
c. Dapat melakukan operasi perhitungan.
Itulah tiga fungsi utama query.
Query biasanya digunakan sebagai sumber data untuk Report.dan Form.
Form
Apa itu Form ?
Form digunakan untuk merepresentasikan ke user atau menerima
inputan dari user data-data dalam tabel/query dalam bentuk interface
grid, tombol, dan lain-lain kontrol windows. form dalam access bisa
dimasukkan ke dalam form lain sebagai control sub form, biasanya jika
bekerja dalam transaksi master-detail.
Report
Apa itu Report ?
Report, seperti halnya form, digunakan untuk merepresentasikan
hasil olahan data menjadi informasi yang siap di cetak di lembaran
kertas.
Mengapa kita perlu membuat Report ?.
Jika Atasan Anda meminta laporan penjualan kepada anda, tentunya
anda akan segera menyiapkannya anda bisa mencetak table penjualan
sebagai laporan tetapi hasil cetakannya tidak seperti laporan yang
diinginkan. Cara yang terbaik adalah dengan membuat Laporan Penjualan
tersebut dengan menggunakan Report. Dengan Report kapanpun Laporan
dibutuhkan maka dengancepat kita dapat menyediakannya.
Bagaiamana Cara Membuatnya ?
Report dapat dibuat dengan dua cara yaitu maual dan wizards. Pada
tutorial terdapat beberapa contoh pembutan report., anda tinggal
mengikuti langkah-langkah pembuatannya.
Pembuatan Report
Report Struk Penjualan
digunakan untuk mencetak struk barang-barang yang dibeli karyawan.
1. Sebelum kita buat reportnya terlebih dulu kita buat
sumberdata untuk report ini. Sumber data sebuah report bisa dari table
atau dari Query. Untuk keperluan ini kita akan membuat Query Struk,
Berikut Design untuk Query Struk, Simpan dengan nama qry_Struk
2. Pada Jendela Database klik Report. Klik New, muncul jendela Report Wizard
Klik dua kali No_Fak untuk menghasilkan gambar, Klik Finish, akan tampil design report struk
SwitchBoard
Apa Itu SwitchBoard ?
Semua Form dan Report telah selesai, sekarang kita buat Menu
Utamanya. Pada Access kita dapat membuat menu utama dengan memakai
SwitchBoard. Caranya :
– Pada menu bar Pilih Tools �� Database Utilities �� Switchboard Manager
– Akan muncul message box switchboard klik Yes
– Pada Jendela Switchboard Manager klik Edit lalu klik New
Tidak ada komentar:
Posting Komentar